Interview Pelaut Melamar Pekerjaan


Halo selamat pagi..
karena saya membuat blog ini pagi hari jadi saya mengucapkan selamat pagi ^^
YA, saya salah satu taruna pelayaran di Semarang tapi bukan SPM
saya ingin mengshare pengalaman saya saat interview, semoga bermanfaat bagi kita semua dan menjadikan kita lebih baik lagi dan semoga pelaut indonesia bisa bersaing di perushaan luar negeri di bidang pelayaran.

oh Ya, karena pengalaman saya interview dengan perusahaan luar negeri jadi saat interview menggunakan 100% english conversation. persiapkan diri dalam hal dan skill bahasa inggris.
tapi menurut saya jika melamar di perusahaan lokal saya rasa tidak kurang jauh dari interview dengan foreign company.


PERSIAPAN INTERVIEW

Sebelum melaksanakan interview dengan hrd alangkah baiknya kita harus mempersiapkan diri kita untuk menghadapi interview.
ini menurut pengalaman saya agar menghadapi interview dengan yakin dan pede.
jadi, saya mempersiapkan diri saya dalam berbagai hal:

- Mempelajari semua materi yang kita pelajari di kampus
- Malam hari sebelum interview tidur sebelum jam 12
- pagi hari jam 5 - 6 pelajari materi ( karena menurut saya jam segini lebih mudah untuk menyerap materi )
- Sarapan atau mengisi perut 1.5 jam sebelum interview
- Believe in yourself
- Berdoa dan bertawakal
- Jangan lupa minta doa restu dari orang tua kita

Itu saja persiapan dari saya dan pengalaman saya mungkin dari viewer apabila mempunyai pengalaman lebih bisa di comment.

PERTANYAAN SAAT INTERVIEW

Pada saat interview kebetulan yang mewawancarai saya itu dari crewing foreign company langsung datang ke indonesia.
ada 2 sesi wawancara di pengalaman saya interview dengan foreign company.
yang pertama tentang:
1. English Skill
2. Personality Skill

Sesi peratama tentang English Skill
Ya, ini tentang bagaimana cara pengucapan kita dalam bahasa inggris dan pengetahuan kita dalam berbahasa inggris, so enjoyed the coversation.
- Introduce yourself?
- why you want to be a seafarer?
- imagine what you do first time on board?
- why you choose your major?
- can you adapt with the new people?
- strongest and weeknes ?
kurang lebih pertanyaan seperti ini yang saya alami.

Second session regarding Personality Skill
i think this is the difficult session because every single question about our skill. so prepare ourself for interview.
- what is favorite lesson in your campus?
( this is the trap, because after you tell your favorite lesson the interviewer will ask every question about your favorite lesson.
- Admiralty chart ( Bouy , paper chart )
- Plimsol mark
- COLREG ( 7, 12, 13, 14, 15 )
- light and shape
- if you the first person seeing MOB, what you gonna do?
Ok, that is it my experience regarding the personality skill. i hope this blogg will help you when you do interview with foreign company.

DAN YANG TERAKHIR "ATTITUDE"


ini pengalaman ringkas saya saat interview dengan foreign company, saya harap blog ini akan membantu kita semua dan meningkatkan niat kita untuk belajar.

Segini saja yang dapat saya sampaikan..
SEMOGA BERMANFAAT
AAMIIN

Salam pelaut ^^







Comments

Popular posts from this blog

Bagian Kapal Dan Fungsinya

Macam-macam Alat Keselamatan Di Atas Kapal

Jenis Muatan Kapal